Senin, 07 Februari 2011

Sapu tangan batik tulis




Batik is is a cloth that traditionally uses a manual wax-resist dyeing technique. Kali ini saya akan belajar membuat batik pada sapu tangan.
Kita membutuhkan : 
-Kain (katun, sutra dll)
- Canting
- Malam/lilin
- Pensil untuk membuat desain
- Kertas koran
- Kompor
- Panci
Langkah yang harus di perhatikan sebagai berikut :
a.       Langkah pertama kita membuat desain di atas kain dengan pensil. Berbagai motif dapat dibuat sperti kawung, parang, sidomukti dan masih banyak lagi, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.
b.      Langkah kedua adalah proses malam dengan menggunakan canting yang telah berisi lilin atau malam(yang telah dipanaskan di atas kompor) untuk melapisi motif yang diinginkan. Disesuaikan dengan kebutuhan. jangan lupa meletakan kertas koran agar kaki atau tubuh kita terhindar dari lilin malam yang menetes. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.
c.  Proses terakhir adalah ngelorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas mendidih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas.
batik tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ninis Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates