Rabu, 23 Mei 2012

Perkembangan Teknologi Jurnalistik Remaja Indonesia Dengan Meminimalisasikan Pemanasan Global



Perkembangan Teknologi Jurnalistik Remaja Indonesia Dengan Meminimalisasikan Pemanasan Global
Manusia pada hakekatnya sebagai mahluk sosial memiliki kebutuhan, salah satunya adalah kebutuhan berkomunikasi. Manusia berinteraksi setiap harinya, hal tersebut tidak bisa di hindari. Tak hanya kebutuhan untuk berkomunikasi, manusia juga membutuhkan informasi yang sedang berkembang untuk terus bisa melakukan interaksi. Proses interaksi berasal dari sumber informasi yang di berikan atau di sampaikan melalui komunikasi jurnalistik..
Menurut jenisnya, komunikasi terbagi menjadi tiga bagian yaitu komunikasi berupa teks yaitu dengan tulisan, komunikasi verbal serta komunikasi visual yang dapat disampaikan melalui simbol dan grafis yang ditunjukan. Tujuannya sama agar interaksi yang dilakukan oleh setiap orang dapat berlangsung dengan baik dan pesan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Informasi yang diberikanpun bermacam-macam bentuknya.
Dunia berkembang, maka teknologi semakin berkembang dan semakin canggih. Di sadari atau tidak hal tersebut nampaknya mempengaruhi komunikasi dalam jurnalistik di masa yang akan mendatang lima puluh tahun lagi. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia jurnalistikpun berkembang sangat pesat dengan melewati berbagai tahapan. Kegiatan jurnalistik sudah tak asing lagi bagi masyarakat jaman sekarang yang melibatkan publikasi, komunikasi dan sekarang internet saja bisa di sebut sebagai kegiatan jurnalistik. Manfaat dan tujuannya adalah sama untuk menyampaikan pesan yang sedang trend.  Pada umumnya kegiatan jurnalistik sangat erat hubungannya dengan media masa seperti majalah, koran, tabloid. Untuk itu demi mempengaruhi berkembangnya penyampaian informasi secara efektif dan efisien dan guna meminimalisasi masalah global yang di hadapi yaitu pemanasan global, pemanfaatan teknologi canggih seperti ponsel pintar atau Pad sangat dapat digunakan untuk mengakses informasi.
          Meningkatnya suhu di dalam pemanasa global memberi banyak dampak buruk pada berbagai aspek kehidupan manusia. “Bahkan sebuah riset menunjukkan, kenaikan suhu 1 derajat celcius menyebabkan naiknya angka kematian menjadi 300.000 per tahun akibat penyakit dan mutu makanan mengandung bahan kimia (HarianAnalisa,http://www.analisadaily.com/news/read/2011/06/26/4203/upaya_mengurangi_dampak_pemanasan_global/#.T7yc9Nxo1y4, Rabu, 23-05-2012, 12.00). Dari sekian banyak, salah satu hal yang mempengaruhi adalah degradasi lingkungan yang di cemarkan oleh pencemaran limbah kertas. Hemat dalam penggunaan kertas dapat mengurangi meningkatnya pemanasan global. Seperti halnya,  kertas adalah berasal dari bahan dasar kayu dan dapat di asumsikan bahwa berapa banyak pohon yang akan di tebang setiap harinya.  Dengan mengurangi pemakaian kertas akan berkurang juga penebangan pohon sehingga semakin banyak karbon di oksida yang dapat di serap di udara untuk paru-paru manusia. Dalam hal ini, penggunaan media berbahan kertas sangat tidak efesien.
Gaya hidup memacu masyarakat modern untuk lebih memanfaatkan teknologi yang ada untuk menggunakan ponsel pintar atau Pad. Dengan asumsi, membaca koran, majalah atau tabloid untuk mengetahui segala informasi tentang olahraga, politik, fashion dan kesenian tidak hanya di lakukan dengan membeli majalah, koran atau tabloid tetapi bisa di lakukan dengan pemanfaatan fitur yang ada pada ponsel pintar. Selain itu, pemanasan global yang terus meningkat bisa di minimalisasi dengan mengurangi pemanfaatan media masa berbahan kertas. Hal tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan. Jika kelebihannya adalah mempermudah komunikasi jurnalistik dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka kelemahannya adalah tak banyak masyarakat yang berminat atau lebih mementingkan membeli ponsel pintar ketimbang dengan kebutuhan pokok. Untuk itu, demi pencapaian perkembangan jurnalistik yang akan datang seiring dengan upaya meminimalisasi pemanasan global, perlu adanya keseimbangan dan kesesuaian terhadap teknologi yang semakin meningkat dengan memanfaatkan ponsel pintar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ninis Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates