Jumat, 30 September 2011

Film sebagai media untuk membangkitkan jiwa nasionalisme #LaskarPemimpi

Media merupakan sebuah wadah terbesar yang mempengaruhi perilaku dan pola pikir masyarakat, banyak media seperti majalah, koran internet dan film. Film merupakan salah satu media yang tepat untuk menyebarluaskan berbagai informasi yang di dalamnya terdapat sebuah pesan dan kesan. Dan menurut gue, salah satu cara yang tepat juga untuk menumbuhkan jiwa nasionlisme dengan mengembangkan film-film seperti Laskar Pemimpi (2010) salah satunya. Film tersebut berlatar belakang sejarah dan perjuangan para pahlawan untuk meMerdekakan negeri ini, selain itu film yang dibuat (oleh Sutradara Monti Tiwa & penulis Eric Tiwa,Monty Tiwa ) di kemas dengan unsur tawa dan haru.
by Google
Laskar Pemimpi merupakan sekelompong pejuang yang bisa disebut amatir karena mereka di anggap merusak rencana oleh salah seorang Kapten namun dibalik keslh pahaman itu mereka memiliki jiwa juang yang tinggi terhadap bangsa Indonesia.
Gue bukan orang yang terlahir pada jaman tersebut dan tidak merasakan bagaimana suasana kala itu. Namun ebuah kalimat yang sangat bermakna dari film Laskar Pemimpi yang Insya Allah merubah pola pikir saya untuk kedepannya, yaitu "Mulai besok, segala sesuatunya akan tergantung kepada anak cucu kita, mau dibawa kemana negara ini."

MERDEKA!!!
MERDEKA!!!
MERDEKA!!!

Untuk itu alangkah lebih baiknya apabila kebanyakan film berlatar belakang sejarah dan perjuangan negara Indonesia sehingga menumbuhkan jiwa nasionalis pada para pemuda dan pemudi.

"Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." Dikutip dari Bung Karno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ninis Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates