Rabu, 08 Juni 2011

Program Pengalaman Lapangan Jurusan Seni Rupa di SMAN 39 Jakarta

PPL merupakan singkatan dari program pengalaman lapangan yang merupakan salah satu program yang di adakan oleh Universitas Negeri Jakarta, dimana mahasiswa seperti gue yang mengambil jurusan seni rupa diwajibkan untuk melaksanakan praktek mengajar di sekolah. Awalnya sih sama sekali nggak berniat untuk menjadi seorang guru SMA, tapi setelah terjun langsung ke sekolah dan berinteraksi dengan para siswa, semua jadi terasa menyenangkan dan mengasyikan. PPL yang gue lakukan di sebuah SMAN 39 daerah Cijantung yang kebetulan juga dekat rumah gue selama hampir kurang lebih 6 bulan pada semester genap. Selama 6 bulan itu gue di temani dan di bimbing oleh guru pamong yang bernama Ibu Vidiawati yang ternyata juga lulusan UNJ Seni Rupa. Ibu Vidi sangat baik dan perhatian di sela-sela kesibukannya di sekolah selain menjadi Guru. Ibu Vidi membantu kami untuk menjadi tenaga pendidik karena membentuk tenaga kependidikan bukanlah hal yang mudah, karena seseorang yang di bina/ di didik untuk menjadi seorang guru dan suatu saat memilih untuk berprofesi menjadi guru, harus mengetahui dan menguasai pengetahuan dan materi ajar yang akan di sampaikan, nggak hanya itu, tenaga pendidik harus mengetahui kondisi psikologis anak didiknya/siswa, serta harus memiliki watak yang patut untuk di contoh dan di teladani.
ketika mengajar di depan kelas
siswi yang sedang asyik melukis piring
Namun menurut gue, saat ini banyak mahasiswa UNJ yang nantinya serius dengan profesi guru atau lebih memilih nonkependidikan. Ini menunjukkan bahwa banyak peluang untuk bekerja di bidang lain sebagai contoh apabila memilih jurusan seni rupa, nggak jarang yang lulus dan sekarang telah menjadi Fotografer, Designer, Wartawan, Editor in Chief, Seniman lukis, Seniman patung, Arsitek dan lain sebagainya. Gue sendiri? Hmmm kita lihat nanti yah karena gue juga hobi motret dan menulis siapa tahu bisa sambil menyelam minum fanta, hehehhe.
suasana ruang kelas ketika mengajar

 PPL gue di SMAN 39 akan berakhir sebentar lagi tepatnya besok adalah perspisahan seiring dengan ujian semester para murid kelas XI IPA dan IPS. Gue sangat senang mengajar seni budaya dan sudah merasa dekat dengan siswa siswinya. Gue dan merekapun berteman di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Ujian PPL kali ini gue mengambil materi ajar tentang melukis piring di kelas XI IPS II, dengan di lihat oleh guru pamong dan dosen pembimbing pada pagi hari itu membuat gue sedikit berdebar-debar rasanya jantung mau copot namun Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan lancar dan hasil karya para siswapun sangat bagus dan unik.
hasil karya melukis piring ketika ujian
 Akhirnya, nggak terasa sudah enam bulan PPL di SMAN 39melewati badai rintangan yang ada, banyak pengalaman yang bisa di ambil dan harus gue perbaiki serta harus banyak belajar untuk menjadi seorang pendidik yang baik. Gue bersama teman satu team merasa senang, bahagia dan terharu. Terima kasih gue ucapkan untuk semua yang telah mendukung kegiatan PPL ini. Semoga silaturahim tetap terjaga. Dan semoga gue dan teman teman seperjuangan yang lain bisa menjadi tenaga pendidik yang profesional. AMIN.

bersama teman seperjuangan (cagur)



bersama para siswa XI SOS


5 komentar:

  1. Semoga sukses mba PPL nya.
    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Tengs Nis, wah nama kita sama yaaa. oia masa saya add fb kamu gbs ya. nice to know u

    BalasHapus
  3. "Ini menunjukkan bahwa banyak peluang untuk bekerja di bidang lain sebagai contoh apabila memilih jurusan seni rupa, nggak jarang yang lulus dan sekarang telah menjadi Fotografer, Designer, Wartawan, Editor in Chief, Seniman lukis, Seniman patung, Arsitek dan lain sebagainya. Gue sendiri? Hmmm kita lihat nanti yah karena gue juga hobi motret dan menulis siapa tahu bisa sambil menyelam minum fanta, hehehhe."


    jangan lupa, ada anak seni rupa yg memilih bisnis :D

    BalasHapus
  4. Nice post, mau masuk seni rupa ahh kak

    BalasHapus
  5. gmrkc : Ok mas, sukses ya bisnisnya hehehe

    Anonim : monggo... monggo jangan lupa siapin SIMS, Surat Ijin Masuk Seni hahahah *kidding*

    BalasHapus

 

Ninis Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates