Kamis, 13 Oktober 2011

Tips #M3 Meningkatkan Mood Menulis

Holla, postingan kali ini Gue cuma mau share tips-tips ala Gue utuk meningkatkan mood menulis yang gampang-gampang susah. Mungkin tiap orang memiliki cara yang bervariasi untuk membangkitkan gairah nulis dan caranya aneh-aneh, bahkan yang pernah gue denger temen gue yang kebetulan hobi nulis juga, dia ngebangkitin mood nulisnya dengan mandi trus berlama-lama di bath tub, hemmm yang jadi pertanyaaan, sakit apa ya dia setelah itu? Hahahaha... Semoga baik-baik aja deh!

Oke baiklah, Meningkatkan Mood Menulis ala Gue semoga bermanfaat dan bisa di coba, kalo belum ampuh juga, bisa hubungin Gue untuk info lebih lanjut, Cekidot!

Pertama, biasanya kalo kita nulis entah nulis cerpen, artikel, blog, atau tugas sekalipun jaman sekarang manusia sejuta umat menggunakan laptop atau komputer. Kalianpun yang ngebaca postingan Gue ini juga menggunakan salah satunya yang pasti. So, kita harus mastiin komputer atau laptop kita dalam kondisi yang nyaman misalnya aja, ngga ada debu di LCD laptop/komputer kita, kalo ngeliat media yang kita gunain udah berdebu atau jarang di bersihin, pasti males juga makenya, boro-boro di pake mungkin di sentuh juga engga kalo ngga kepaksa, jadi ambil tissu dan pembersih LCD deh dari sekarang.

Kedua, nulis yang pasti disuatu tempat, lokasinya macem-macem, buat yang hobi ngopi, bisa ke Coffee shop atau tempat-tempat teduh dan tenang trus buat yang lebih konsen nulis di rumah kaya Gue, Gue lebih memilih nulis di kamar ketimbang di ruang nonton, karena yang ada Gue ngga akan nulis tapi malah nonton gosip-gosip yang lagi in. Buat yang kamarnya lega dan selalu ada pembantu yang ngerapihin, itu ngga masalah, tapi buat Gue, Gue harus bikin suasana kamar gue rapih, bersih dan yang paling penting jangan sampe kehabisan pengharum ruangan. 

Ketiga, Ide. Kalo untuk hal yang satu ini bisa ditemuin dimana aja dan kapan aja bahkan kita nggak tau kapan dia muncul, sesuka hatinya aja. Nah kalo Gue, biasanya mood nulis dateng ketika lagi berantem. Entah berantem sama temen, adik, atau pacar. Tapi kayanya lebih sering sama pacar sih. Pernah waktu lagi berantem, dalam waktu 2 jam Gue bisa menciptakan sebuah cerpen 7 halaman yang biasanya bisa gw kerjain sebulan atau lebih. Jadi, sering-sering deh ngajak pacarnya berantem, biar mood nulis. Buat yang nggak punya pacar, nggak usah kecewa karena kalian bisa kok berantem sama Gue, Hhahaha.

Keempat, refrensi film/buku/novel dan lain sebagainya. Gue nih kalo abis nonton film tentang cinta pasti langsung semangat nulis yang cinta-cintaan, malah kadang kelewat romantis jadinya gombal addict, trus kalo abis nonton film yang tentang pahlawan gitu, gue langsung browsing dan posting tentang yang berbau sejarah, Jadi, semakin sering kita nonton, baca, semakin sering juga ide itu muncul sehingga sesuatu yang bernama mood itu muncul. Mood itu hobinya di pancing-pancing. Dia mungkin nggak bakalan mau muncul kalo nggak kita pancing, so, pancinglah mood sesuai dengan keinginan kita.

Kelima, ini dia nih hobi gue, jalan-jalan. Nah, hampir setiap hari kita pasti jalan-jalan, entah ke kampus, ke sekolah, ke mall, ke toko buku atau ke tempat rekreasi. Di dalam perjalanan, di bis, di mobil, di motor Gue senang memperhatikan sekitar gue sehingga terkadang ide itu muncul, misalnya aja waktu gue mau pulang dari kampus dan naik busway, gue memperhatikan seorang bapak-bapak kira-kira umurnya sekitar 50-an dengan kedua anaknya yang di genggam dengan erat, melihat hal seperti itu, gue inget bokap gue dan oh betapa sayangnya kedua orang tua kita terhadap kita, trus gue mulai nulis sesuatu tentang bokap gue. Dimanapun ide bisa muncul, dan biar ide itu nggak lari-larian, kita bisa ngesave point-point yang mau kita tulis di Handphone sementara untuk kemudian dipindahin ke komputer.

Segitu aja tips Meningkatkan Mood Menulis dari Gue, kurang lebihnya mohon dimaklumi, buat yang mau saran bisa langsung koment di bawah postingan ini atau di ShoutMix yang tersedia. Di tunggu ya tulisannya! :)

5 komentar:

  1. ide sih banyak, tiba-tiba ngelintas gitu aja.
    yang jadi masalah, mau nulisnya mulai dari mana :))

    BalasHapus
  2. Nulisnya mulai dari sekarang :)

    BalasHapus
  3. dan jangan lupa, waktu muncul ide langsung cater dimanapun. penting sih kalo menurut gue :)

    BalasHapus
  4. Hmm, hampir sama dengan coment yang sebelumnya..

    Kalau ada ide langsung di kerjain aja, jangan di tunda2 bisa luma entar

    BalasHapus

 

Ninis Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates